PT JUJUR JAYA SAKTI

jl andi djemma no 121 kota palopo

Menu

5 Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru

Saturday, April 8th 2023.
Jakarta, CNN Indonesia — Mobil yang tidak bisa distarter bisa mengindikasikan adanya masalah pada komponen mesin. Penyebab mobil susah distarter nyatanya tak melulu soal aki.
Kondisi aki yang masih baru sekalipun bisa mengalami hal tersebut. Sebab, terdapat komponen lain yang juga bisa menjadi pemicunya.
Dalam banyak kasus, mobil yang susah distarter dipicu oleh kondisi aki yang mengalami drop alias soak. Aki soak tidak akan bisa mencukupi kebutuhan kelistrikan yang diperlukan pada saat mobil distarter.

Lantas, bagaimana jika aki masih baru tetapi mobil Anda tetap tak mau distarter?

Dilansir dari laman Motor and Wheels, berikut lima penyebab mobil susah distarter padahal aki masih baru yang mungkin terjadi pada mobil Anda.

1. Masalah pada busi
Selain aki, busi juga menjadi salah satu penyebab utama mobil susah untuk distarter. Jangankan rusak, busi yang kotor saja bisa dipastikan akan membuat kinerja pembakaran pada mesin mobil tidak bisa maksimal.

Busi yang kotor akan menghambat percikan api yang dihasilkan busi untuk pembakaran di mesin mobil. Kotornya busi ini bisa disebabkan karena buruknya kualitas bahan bakar yang digunakan. Selain kotor, busi juga memiliki usia pakai yang harus segera diganti jika sudah tak layak lagi.

2. Koil tidak berfungsi
Penyebab mobil susah distarter padahal aki masih baru berikutnya adalah koil yang tidak berfungsi dengan maksimal.

Koil pada mobil berfungsi untuk menggandakan tegangan arus listrik dengan jumlah yang sangat besar menuju ke aki. Koil akan memutus aliran listrik dengan tiba-tiba untuk menghasilkan percikan api pada busi.

Terdapat beberapa indikasi yang menandakan jika koil ini sudah waktunya untuk diganti. Selain susah distarter, tenaga yang terasa loyo, dan mobil tiba-tiba mati sendiri pada saat suhu mesin panas adalah pertanda komponen koil sudah rusak.
3. Alternator rusak
Masalah berikutnya adalah rusaknya alternator alias dinamo. Alternator merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik menuju ke aki.

Jadi, meskipun aki mobil Anda baru, tetapi jika alternator ini rusak akan membuat mobil susah untuk distarter.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan alternator ini rusak. Selain karena faktor usia, memasang aksesori yang memerlukan energi listrik berlebihan pada mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab alternator mobil ini cepak mengalami kerusakan.

4. Masuk angin
Bagi pengguna mobil bermesin diesel, masalah utama yang mungkin terjadi pada saat mobil susah distarter meski aki masih baru adalah masuk angin.

Istilah masuk angin ini adalah kondisi udara yang terperangkap dan masuk ke dalam saluran bahan bakar mobil.

Lantaran bahan bakar yang masuk menjadi berkurang akibat tercampur udara, maka proses pembakaran tidak bisa optimal sehingga mengakibatkan mesin mobil bermesin diesel menjadi susah untuk distarter.

5. Bahan bakar yang tak lancar
Masalah terakhir yang menjadi penyebab mobil susah distarter padahal aki masih baru adalah aliran bahan bakar yang tak lancar. Hal ini menyebabkan bahan bakar tersebut tak bisa didistribusikan dengan sempurna dari tangki ke mesin mobil.

Jika mobil sulit distarter dalam kondisi dingin, maka yang terjadi adalah pompa bahan bakar atau fuel pump yang sudah melemah.

Selain fuel pump, kondisi ini juga akan sering terjadi jika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan atau RON yang tak sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Mobil Terbaru

Related Article 5 Penyebab Mobil Susah Distarter Padahal Aki Masih Baru

Sunday 2 April 2023 | Uncategorized

Daihatsu sudah resmi merilis harga dan spesifikasi All New Ayla 2023. Berbeda dari Toyota Agya, mereka hanya bermain di segmen LCGC 5 penumpang. Opsi varian…

Sunday 2 April 2023 | Uncategorized

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2023 merupakan duo kembar, namun beda. Memang betul menggunakan konfigurasi platform sama: DNGA. Namun langkah strategi pemasaran semakin dibuat berlainan.…

Monday 24 April 2023 | Uncategorized

Liputan6.com, Jakarta – Banyak masyarakat yang telah melakukan perjalanan ke kampung halaman pada musim mudik Lebaran Idul Fitri 2023. Beragam moda transportasi juga digunakan, salah…