..::DAPATKAN PROMO MOBIL DAIHATSU MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN DP RENDAH ANGSURAN RINGAN::.. ..::PROMO DAIHATSU JULI::.. ..::TENOR HINGGA 5 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Artikel » Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Dipublish pada 22 October 2020 | Dilihat sebanyak 671 kali | Kategori: Artikel

Tidak sedikit kejadian yang sering kita temui di SPBU, ketika pembeli mengisi BBM dengan mengatakan “full tank”. Operator pompa bensin pun mengisi BBM sampai benar-benar penuh (hampir tumpah di bibir lubang tangki) tanpa memahami resiko yang dapat saja terjadi.

Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Pemilik kendaraan seharusnya juga memahami bahwa mengisi tangki BBM sampai penuh memiliki resiko berbahaya bagi keselamatan jiwa sekaligus kendaraan yang kita miliki. Seperti dilansir di autos.id, tindakan mengisi bensin hingga penuhi ini seharusnya tidak dilakukan karena memiliki resiko seperti dibawah ini:

Resiko BBM Tumpah dan Menguap

Posisi normal pengisian BBM adalah posisi jalan datar sehingga bisa mengisi tangki dalam kondisi full. Tidak ada SPBU yang melakukan pengisian dalam posisi miring, sehingga bisa saja kita mengisi bensin pada posisi penuh sampai menyentuh bibir dan tutup tangki.

Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Namun kamu juga harus menyadari bahwa tidak selamanya jalanan datar bukan, ada yang menanjak ada juga yang bergelombang. Jika kamu mengisi bensin mobil hingga penuh lalu melewati jalan seperti tersebut maka bensin tentunya akan tumpah, rembes atau menguap. Apalagi jika tutup tangki Sahabat sudah tidak dalam kondisi yang baik (drat aus, berkarat, tidak tertutup rapat).

Mencampur Oktan Bensin, Amankah ?

Terlalu sering mencampur bahan bakar akan menimbulkan efek negatif terhadap performa mesin dan injektor pada mesin.

Untuk diketahui, uap bensin juga sangat berbahaya untuk kesehatan. Setiap bensin yang tumpah atau menguap, menjadi faktor penyumbang polusi udara.

Beresiko Memicu Kebakaran

Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Bensin merupakan salah satu bahan yang mudah terbakar. Ketika mengisi bensin hingga penuh dan (amit-amit) tumpah dan berdekatan dengan sumber api, kita tidak akan bisa mencegah api menjalar ke mobil. Jadi, jangan pernah mengisi BBM hingga penuh bahkan luber ke permukaan.

BBM Membutuhkan Ruang Udara

Mengisi bensin hingga penuh membuat tekanan bensin saat mengembang berkurang. Hal itu dikarenakan di dalam ruang tangki, tidak terdapat cukup udara untuk sirkulasi bensin dan itu sangat berbahaya. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa.

Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bahan bakar, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma.

Hindari mengisi bensin sampai menyentuh tutup tangki (saat ditutup). Jika ini dilakukan maka artinya ruang udara sudah tidak optimal (sangat sedikit), padahal ruang udara dalam tangki ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada tangki saat bensin mengembang.

Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Tangki mobil sudah di desain supaya aman termasuk saat pengisian BBM. Jika proses pengisian benar, maka saat bensin menguap, uap bensin akan langsung dikeluarkan melalui selang, supaya aman. Jika ruangan udara dipenuhi dengan bensin, maka pembuangan BBM tidak maksimal sehingga terbuang dengan percuma.

Mengisi BBM Penuh itu Merugikan

Beberapa pompa SPBU sudah dilengkapi dengan detektor bensin otomatis yang mampu menghisap uap bensin pada lubang pengisian BBM yang terisi penuh. Hal ini bertujuan demi keamanan proses pengisian BBM agar tidak meluap, menguap atau bahkan tersulut api dan berpotensi terjadi kebakaran. Namun tentu saja ini merugikan bagi pemilik kendaraan karena pengisian BBM tidak maksimal sedangkan kamu sudah membayar penuh biaya BBM tersebut.

Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’. Berikut Fakta-Faktanya

Dari beberapa resiko diatas yang telah dijelaskan, tips yang tepat dalam mengisi BBM seperti memperhatikan indikator dalam mengisi BBM dengan mendengar bunyi “klek” pertama kali pada nozzle artinya tangki BBM kita telah penuh. 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

10 Tips Jitu Merawat Mobil di Musim Hujan

Dipublish pada 4 October 2020 | Dilihat sebanyak 121 kali | Kategori: Artikel

Memasuki awal bulan Oktober biasanya hujan mengguyur wilayah Indonesia dan menyebabkan banjir. Sahabat yang memiliki mobil harus melakukan perawatan ekstra untuk menjamin kondisi komponen mobil selalu terjaga dan baik kondisinya. Ingat, mobil yang terlalu sering terkena genangan air, terendam banjir... selengkapnya

Bahaya Kurangnya Air Radiator pada Mobil

Dipublish pada 8 October 2020 | Dilihat sebanyak 101 kali | Kategori: Artikel

Melakukan perawatan mobil tidak hanya terbatas pada melakukan ganti oli mobil secara berkala secara rutin saja. Tetapi juga melakukan berbagai perawatan lainnya, salah satunya adalah memperhatikan jenis air radiator mobil dan juga volumenya. Air radiator mobil atau yang sering disebut sebagai cairan radiator ini... selengkapnya

Cara Jitu Bikin Mobil Lamamu Jadi Tampak Baru

Dipublish pada 14 October 2020 | Dilihat sebanyak 114 kali | Kategori: Artikel

Sahabat Garasi minder karena mobilnya udah terlalu jadul dan terlihat usang? Tidak perlu merasa demikian karena hari ini, kami akan berbagi tips keren buat Sahabat Garasi yang merasa mobil bekasnya sudah tidak kinclong. Ada 5 hal yang perlu Sahabat Garasi... selengkapnya

Jejak Pengunjung

26763
Visit Today : 23
Visit Yesterday : 58
This Month : 212
This Year : 23074
Total Visit : 26763
Hits Today : 41
Total Hits : 73988
Who's Online : 3

Pembiayaan

– CMD FINANCE
– ADIRA FINANCE
– OTO FINANCE
– MUF FINANCE
– ACC FINANCE
– MY BANK

Chat WhatsApp
Telp Sekarang