..::DAPATKAN PROMO MOBIL DAIHATSU MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN DP RENDAH ANGSURAN RINGAN::.. ..::PROMO DAIHATSU JULI::.. ..::TENOR HINGGA 5 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Artikel » 7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Dipublish pada 22 October 2020 | Dilihat sebanyak 255 kali | Kategori: Artikel

Musim hujan tampaknya sudah mulai membasahi beberapa wilayah Indonesia seperti Jakarta. Di saat seperti ini akan menjadi momen yang cukup membahayakan bagi para pengendara mobil. Pasalnya medan yang biasa dilalui menjadi lebih berat dengan adanya hujan bahkan genangan air.

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Curah hujan yang baru-baru ini begitu lebat menyebabkan banjir di beberapa wilayah.Genangan air akibat hujan yang turun deras dapat membuat jalanan mobil tertutup air secara mendadak. Jika ada lubang yang cukup dalam tentu pengendara tidak bisa melihat dan akan sangat membahayakan.

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Oleh karena itu untuk mengantisipasi kemungkinan berkendara d i tengah hujan deras dan banjir jangan pernah memaksakan mobil untuk tetap melaju jika cuaca semakin buruk serta banjir semakin tinggi. Namun disisi lain, Sahabat pun perlu memperhatikan teknis dan tips berkendara mobil saat banjir. Karena jika tidak berhati-hati mobilmu bisa menjadi korban. Itulah mengapa sangat perlu tahu cara berkendara mobil yang tepat dalam kondisi hujan deras bahkan banjir.

Lihat Situasi Jalanan

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Jika jalur yang biasa Sahabat lewati rawan banjir makan lebih baik kamu mencari alternatif jalur yang lebih aman. Jika memang tidak ada jalur lain, lihat kondisi dan situasi kedalaman air apakah mobil yang kamu miliki sanggup untuk menerjang atau tidak. Jangan memaksakan mobil untuk menerobos genangan air karena akan membahayakan komponen pada mobil.

Nyalakan Lampu Utama

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Menyalakan lampu utama merupakan cara mudah untuk menjaga penglihatan ketika mengendarai mobil di tengah hujan lebat. Umumnya cara ini lebih diperuntukkan saat Anda berkendara di jalan tol. Hal ini pun sudah sangat wajar dilakukan. Lampu depan yang menyala sendiri merupakan pertanda bahwa jarak penglihatan kurang dari 100 meter.

Nyalakan Lampu Kabut

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Saat ini mobil dilengkapi dengan berbagai macam lampu beserta fungsinya yang berbeda. Selain lampu depan, Sahabat juga bisa menyalakan fog lamp atau lampu kabut terutama jika sedang mengemudi mobil di malam hari. Jika penglihatan saat berkendara di tengah hujan lebat semakin kabur, maka sangat disarankan untuk menyalakan lampu fog. Cara ini akan cukup membantumu melihat ke depan dengan pandangan yang lebih baik sekaligus memberi untuk pengendara lain agar tidak menyalip.

Jaga Jarak

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Dalam kondisi biasa, kita dianjurkan untuk menjaga jarak dengan pengendara di depan. Apalagi saat berkendara saat hujan lebat. Mengemudi dengan laju yang kencang sangat tidak disarankan saat hujan sedang deras-derasnya. Sahabat pun juga tidak disarankan untuk menyalip mobil karena bisa mengakibatkan celaka. Berkendaralah dengan kecepatan yang wajar. Jagalah jarak dengan mobil di depan, setidaknya sepanjang dua mobil.

Kurangi Kecepatan

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Berkendara di cuaca terang sangat berbeda dengan kondisi jalanan saat hujan atau terdapat genangan. Hindari kolong flyover dan underpass, jalan dengan berpohon besar, reklame raksasa, jalan cekung dan genangan air. Kurangi kecepatan berkendara, jangan terlalu ngebut dan jangan berusaha menyalip mobil di depan karena jika tidak seimbang atau jika jalan sedang licin maka mobil bisa dengan mudah tergelincir.

Banyak orang yang beranggapan bahwa jika ngebut, mobil bisa selamat dari banjir. Padahal, hal ini justru bisa menimbulkan water hammer. Water hammer merupakan kondisi di mana ruang mesin kemasukan terlalu banyak air karena ketidakmampuannya melakukan kompresi.

Waspada Genangan

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Jika Sahabat berkendara melalui jalan yang jarang atau tidak pernah dilalui sebelumnya, lebih hati-hati untuk memperhatikan kondisi lubang jalan, genangan air, hingga selokan, agar tidak terjebak atau terperosok di dalamnya. Jika terpaksa harus melewati jalan tersebut, kurangi kecepatan saat melewati jalan dengan genangan air.

Gunakan Gigi Rendah

7 Tips Berkendara yang Aman Saat Musim Hujan

Saat menerobos banjir, gunakan gigi rendah di posisi 1 atau 2 untuk transmisi manual, atau L untuk transmisi otomatis. Jika itu jalan satu-satunya dan Anda terpaksa harus menerobos banjir, jaga RPM atau putaran mesin di angka 2.000rpm dan stabil, serta usahakan agar gas jangan berhenti agar mesin tidak mati.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Pernyataan Resmi Penundaan Penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020

Dipublish pada 21 October 2020 | Dilihat sebanyak 82 kali | Kategori: Artikel

Sehubungan dengan rencana penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020, pada 20 – 29 Maret 2020 di Grand City Convex, Surabaya, bersama ini kami atas nama Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memberikan pernyataan resmi kami sebagai berikut.Dengan menimbang beberapa kondisi: Status Covid-19... selengkapnya

Resmi Meluncur, Tipe Tertinggi Daihatsu Rocky Dipatok Rp300 Jutaan

Dipublish pada 3 October 2020 | Dilihat sebanyak 117 kali | Kategori: Artikel

Liputan6.com, Tokyo – Setelah diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Daihatsu resmi meluncurkan kompak SUV terbarunya, Rocky. Model ini datang dengan menggunakan platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Jika mengutip laman resmi Daihatsu, Rocky dipasarkan dalam empat varian, yaitu... selengkapnya

Dampak Usulan Pajak 0%, Berikut Keputusan Sri Mulyani

Dipublish pada 21 October 2020 | Dilihat sebanyak 98 kali | Kategori: Artikel

Belum lama ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengusulkan agar tarif Bea Balik Nama (BBN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil turun menjadi 0% hingga Desember demi mengakselerasi penjualan mobil baru kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dari usulan yang... selengkapnya

Jejak Pengunjung

21681
Visit Today : 58
Visit Yesterday : 91
This Month : 1287
This Year : 17992
Total Visit : 21681
Hits Today : 191
Total Hits : 58575
Who's Online : 2

Pembiayaan

– CMD FINANCE
– ADIRA FINANCE
– OTO FINANCE
– MUF FINANCE
– ACC FINANCE
– MY BANK

Chat WhatsApp
Telp Sekarang